Senin, 01 Februari 2016

Jenis-jenis Sarang Lebah Madu

Sarang Lebah Madu

Sarang Lebah Madu adalah media yang dibangun oleh lebah madu sebagai tempat tinggal dan membesarkan anak-anaknya. Struktur bagian dalam dari sarang lebah berbentuk heksagonal yang terbuat dari sejenis lilin. Lebah madu menggunakan tiap ruang yabng berbentuk heksagonal ini untuk tempat penyimpanan madu, bee pollen, telur, larva, dan pupa lebah madu.

Sarang Lebah Madu terdiri dari dua macam, yaitu berdasarkan pembuatannya yaitu :
1. Sarang Lebah Madu buatan
2. Sarang Lebah Madu alami

Sarang Lebah Buatan
Sarang lebah buatan dibuat dengan tujuan memelihara kawanan lebah madu agar dapat menghasilkan madu, menyerbuki tanaman perkebunan sekitar, terapi lebah, melestarikan populasi lebah, dan sebagai hewan peliharaan. Sarang lebah madu buatan pada dasarnya dibuat agar dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Ini dikarenakan agar lebah madu dapat selalu dekat dengan sumber makanannya, sebab setiap jenis tanaman memiliki periode waktu berbunga (tidak setiap saat berbunga).

Sarang Lebah Madu Buatan 

Sarang setup madu 


Sarang Lebah Madu Alami
Lebah madu dialam terbuka memiliki memiliki media sarang yang berbeda-beda, lebah madu memanfaatkan yang berbentuk celah, agak lembab dan terkena udara bebas. Diantaranya lebah madu mengguakan celah-celah yang ada pada dinding-dinding gua, celah pada batang pohon, dan juga menggunakan media daun pada tumbuhan tinggi. Lokasi pembuatan sarang biasanya dilakukan pada ketinggian satu hingga lima meter dari permukaan tanah, dan cenderung menghadap ekuator.Lebah umumnya membersihkan kulit kayu di sekitar pintu masuk sarang lebah dan melapisinya dengan resin tumbuhan.

 
Sarang Lebah MAdu pada Celah Batang Pohon

Sarang Lebah Madu Pada Celah Gua






Artikel Terkait

Jenis-jenis Sarang Lebah Madu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email